| by admin | No comments

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Berita Terbaru – Penyebab rambut rontok setelah melahirkan memang ada berbagai macam. Ini adalah hal yang wajar dan hampir dialami bagi kebanyakan wanita setelah ia melahirkan. Masalah rambut rontok ini disebut-sebut dengan istilah Telogen Effuvium. Yang mana kerontokan tersebut bisa terjadi karena hormon androgen ketika hamil. Bagi wanita, rambut adalah bagian tubuh terpenting, yang merupakan mahkota wanita yang bisa menunjang penampilannya. Wanita pasti akan shock bila rambut yang dimilikinya mengalami kerontokan yang parah.

Ketika wanita hamil perubahan hormonal umumnya akan menjadikan rambutnya akan tampak lebih cantik, halus, dan berkilau. Rambut tidak rontok, atau bahkan warna rambutnya bisa berubah. Umumnya wanita akan kehilangan sekitar 100 helai rambut di setiap harinya. Tapi, saat masa kehamilan hal itu tidak akan terjadi. Biasanya antara 3 hingga 6 bulan sehabis melahirkan wanita akan mengalami kerontokan yang cukup parah. Pastinya hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari sebab rambut rontok dan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Ini penyebab utama rambut rontok setelah melahirkan

Perlu Anda tahu bahwasannya dalam siklus pertumbuhan rambut normal umumnya dibedakan jadi 2 fase, yakni fase pertumbuhan dan juga fase istirahat. Pada fase pertumbuhan inilaha kan berlangsung 3 tahun dan pada fase istirahat ini bisa berlangsung selama 3 bulan. Biasanya ada sekitar 85 hingga 95 persen rambut masih ada pada fase pertumbuhan. Dan pada fase istirahat sendiri rambut ada pada foliken hingga rambut tersebut didorong keluar oleh rambut yang baru saja tumbuh dan presentasinya.

Dengan adanya proses kelahiran, maka yang akan terjadi lebih banyak rambut memasuki fase istirahat, lalu rambut akan terdorong keluar antara 3 hingga 6 bulan sehabis melahirkan. Bila sudah kebanyakan wanita akan kembali pada siklus pertumbuhan rambut normal pada 6 hingga 12 bulan setelah melahirkan.

Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan paling ampuh

Hindari penggunaan alat perawatan rambut

Agar rambut Anda tidak mengalami kerontokan yang cukup parah lagi, sebaiknya Anda tidak menggunakan alat perawatan rambut, seperti hair dryer, catokan, dan alat lainnya. Hal tersebut bisa membuat suhu rambut panas, sehingga mudah rontok.

Pilih shampoo yang cocok

Untuk mengatasi masalah rambut rontok setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan memilih shampoo yang cocok untuk jenis kulit kepala dan rambut Anda. Selain itu, silakan lakukan keramas 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu agar rambut Anda tidak mudah patah dan rontok.

Gunakan masker rambut alami

Mengatasi rambut rontok setelah melahirkan yang baik bisa menggunakan masker rambut alami ini. Silakan Anda gunakan masker yang dibuat dari bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Masker alami ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi, sehingga baik untuk kulit kepala dan rambut.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan cara mengatasinya paling ampuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply