| by admin | No comments

Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami

Berita Terbaru – Memang ada benarnya ya, kalimat yang berbunyi “The biggest show in our lives”? Prosesi sebuah pernikahan yang menjadi ajang besar dan terpenting bagi sepasang sejoli dan Anda pun pastinya juga tidak ingin acara tersebut terganggu karena persiapan yang tidak matang kan? Nah, di sini kami mencoba membantu sedikit persiapan Anda, sebab susunan acara pernikahan Islami terkadang cukup merepotkan jika tidak ada panduannya.

Rangkaian sebuah acara pernikahan ini umumnya akan dimulai dari prosesi akad nikah. Prosesi inilah harus bisa terlaksana dengan lancar sebab ini adalah acara yang paling penting akan sahnya kedua mempelai jadi pasangan suami istri. Itulah sebabkan Anda pun juga tidak bisa menyusun acara pernikahan Islami secara sembarangan. Susunan acara yang berantakan justru akan membikin acara jadi kacau.

Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami

Beberapa tamu undangan juga bisa dibuat jadi kebingungan dan juga keheranan bahkan mungkin saja di dalam benak mereka sedang bertanyatenya bagaimana mungkin acara akad nikah ini bisa berantakan? Siapa yang salah? Nah, pada saat sebelum hal yang seperti ini berlangsung pada Anda dan keluarga, jadi Anda bisa mengikuti contoh susunan acara pernikahan Islami pada prosesi akad nikah yang biasanya berlaku di tempat Anda. Tapi, untuk lebih jelasnya berikut ini ada contoh susunan acara pernikahan akad nikah Islami yang umum ditemukan di daerah Jawa.

Susunan acara pernikahan Islami

  • Pertama pembukaan dengan mengatajab Bassmallah. Sebab ini adalah acara pernikahan yang Islami dan sebagian besar orang di Indonesia juga beragama Islam, jadi pada proses pembukaan acara pernikahan tersebut, pembawa acara atau yang disebut MC akan meminta beberapa tamu undangan yang hadir untuk mengatakan Bassmallah secara berbarengan ketika sebelum mengawali acara tersebut. Sesudahnya pembawa acara biasanya akan mempersilahkan petugas pelaksana acara untuk bisa melakukan tugas selanjutnya.
  • Tilawah Al Quran, silakan Anda pilih surat Al Quran yang ada kaitannya dengan sebuah pernikahan, seperti halnya dengan surat 30 ayat 21. Atau surat Ar Rumm ayat 21, surat An Nisaa’ ayat 34 sampai 35, dan surat At Tahrim ayat 6.
  • Acara inti atau ijab dan qabul yang biasanya akan dipandu oleh pejabat pengesahan KUA.
  • Serah terimanya mahar.
  • Tanda tangan di buku nikah.
  • Doa nikah.
  • Nasihat pernikahan.
  • Penutup.

Demikian tadi contoh susunan acara pernikahan Islami yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply